Tuesday, September 06, 2005

Pusing atau Sakit Kepala?

Pertanyaan:
Assalaamu'alaikum wr wb

mbak dyah, saya sebenarnya punya sakit pusing-pusing sejak remaja.
paling parah pas lagi sma, tapi untungnya waktu itu saya suka creambath,
terus pusingnya ilang.
setelah kuliah udah jarang pusing-pusing.
beberapa tahun ini suka kambuh lagi pusing-pusing saya.
saya ndak tahu apa ini bisa dikategorikan migrain atau pusing biasa.
mbak dyah kira-kira penyebab kita pusing-pusing itu apa ya..
terus pencegahannya gimana, obatnya apa.
tentang migrain mohon dijelasin juga, saya pengen tahu banyak.

jazakillah khair.

Wassalam,

L

Jawaban:
Wa'alaikumsalam wr wb
Pusing emang penyakit yg paling susah obatnya, karena ga spesifik. Bisa jadi merupakan gejala dari satu entitas penyakit tertentu, lebih sering merupakan gejala penyerta sistemik dari bermacam penyakit mulai dari common cold sampe kanker otak.
Sebelum saya jawab pertanyaannya, saya harus klarifikasi dulu nih. Mbak sebenarnya pusing atau sakit kepala? Orang Indonesia suka mencampuradukkan pusing sama sakit kepala, padahal itu dua hal yg berbeda, konsekuensinya penyebab dan terapinya berbeda juga.
Kalo yg disebut pusing itu adalah ada rasa berputar (ini terjemahan bebas yak) kadang tambah pandangan berkunang2. Vertigo itu salah satu contoh pusing. Kalo sakit kepala ya kepalanya sakit :), misalnya nyut2an di daerah tertentu dari kepala. Migrain itu adalah salah satu contoh dari sakit kepala, biasanya di sebelah kepala doang, tapi bisa juga di sekeliling kepala, kadang2 disertai gejala lain seperti mata berair, silau kalo liat cahaya, kadang muntah juga, bahkan pada orang2 tertentu disertai dengan aura (kayak melihat bayangan sesuatu yg samar-samar)
Oke deh, mungkin enaknya kita bahas satu2 yak. Tapi maaf, saya bahasnya pake ilmu yg ada di otak aja, ga sempet cari literatur buat referensi :)

1. Pusing
Penyebab pusing itu adalah kerja sistem keseimbangan kita tidak berfungsi dengan baik. Seperti kita tahu, alat keseimbangan manusia letaknya ada di telinga dalam, namanya utrikulus dan sakulus. Nah, alat2 ini nyambung ke otak lewat Saraf VIII. Alat keseimbangan akan selalu mendeteksi posisi tubuh kita, menginformasikan ke otak, supaya otak bisa memerintahkan bagian tubuh kita yg lain untuk selalu menjaga tubuh kita seimbang. Kerja alat keseimbangan ini disupport sama mata dan bagian dari otot kita untuk ngirim info tambahan tentang posisi kita. Jadi kalo mata kita ditutup misalnya, trus kita disuruh berdiri dan jalan, maka keseimbangan kita pasti terganggu. Ato kadang kalo matanya minus, orang juga suka pusing.
Contoh pusing yg paling terkenal adalah vertigo. Gejalanya bisa dari cuma sekedar pusing berputar, sampe merasa tersedot ke bumi, sehingga kalo berdiri jatuh melulu. Bisa disertai muntah juga (kayak orang mabuk kendaraan gitu, sistem keseimbangannya kan terganggu juga, suka muntah juga kan?). Nah, kalo orang dengan vertigo ini ada nermacam2 pemeriksaan fisik yg hrs dilakukan untuk mengetahui letak penyebabnya, apa di alat keseimbangannya, sarafnya, ato otaknya. Terapi ditentukan berdasarkan penyebab, karena bisa jadi vertigo ini merupakan penyerta dari penyakit lainnya. Misalnya orang yg punya tumor di otak pas tempat pengatur keseimbangan, bisa jadi punya gejala vertigo. Biar dikasih obat vertigo yg banyak diiklannin di TV sampe mabok juga vertigonya ga bakal sembuh, la wong tumor yg neken otaknya masih di situ.

2. Sakit kepala (headache)
Setahu saya ada 4 jenis nih:
a. Tension headache
Gejalanya antara lain sekeliling kepala sakit dan berdenyut, tegang di sputar kepala seperti diiket, kadang tengkuk dan bahu juga sakit dan tegang. Biasanya orang yg lg tension headache marah banget kalo denger suara keras yg tiba2. Penyebab terbanyak dari tension headache ini adalah STRESS. Terapi yg bisa dilakukan :
- minum analgetik : panadol dan sebangsanya
- istirahat
Tapi karena penyebabnya STRESS yg susah ilang, maka biasanya penderita tension headache merasakan keluhan berulang. Jadi, panadol dkk cuma ngilangin sakit kepala bentar, trus entar2 sakit lagi. Jadi sekarang pendekatannya beda:
- coba pikir, lagi stress ga? coba selesaikan penyebab stressnya
- banyak olah raga dan relax (sounds good yak)
- jadi orang yg nyantai dan easy going ajah...dijamin kagak stress dah...
- kalo mau suplemen untuk otak bagus juga, misalnya Vit B
Kalo saya baca penjelasan mbak, kayaknya yg mbak maksud adalah tension headache ini. Bener ga? Waktu pusing lg banyak yg dipikirin yak? Stress juga ga?

2. Migrain
Nah, kalo migrain ini gejalanya spt yg saya bilang di atas. Penyebabnya buanyak banget, psikologis juga bisa. Lebih sering menimpa perempuan daripada laki2. Salah satu penyebabnya adalah pengaruh hormon estrogen dan progesteron. Pada beberapa kasus bisa juga merupakan keturunan. Klasifikasi migrain ini buanyak banget berdasar gejala dan asalnya. Terapinya macem2 berdasar penyebab dan beratnya. Ini juga umumnya susah diobatin karena penyebabnya bisa tumpang tindih dan susah ditata laksana. Kalo karena psikologis kadang2 diterapi sama antidepresan ato antianxiety. Umumnya sih orang cuma minum analgetik biasa, makanya migrainnya sering kambuh. Kadang dokter juga suka ngasih ergotamin. Tapi yg paling penting adalah mengidentifikasi penyebabnya, hati2 penyakit yg berbahaya.

3. Cluster headache
Nah, kalo yg ini biasanya pusing di sekeliling kepala, trus khasnya ada lakrimasi (kayak orang nangis, keluar air mata dari mata dan hidung, mata merah), kelopak mata suka bengkak, silau. Yg ini juga penyebabnya macem2 dan terapinya lebih susah lagi, soalnya kadang pasiennya suka resisten terhadap obat2n karena udah sering minum obat tsb.

4. Grup lain2.
Ada banyak lagi jenis2 sakit kepala yg berhubungan dengan cedera lepala, tumor kepala, dll.
Intinya adalah harus tau penyebabnya, baru bisa nentuin terapinya.

Gitu deh mbak, maaf yak kalo nggak jelas....
Neurologist itu emang dokter yg paling pusing, soalnya semua yg dikeluhin pasiennya kagak keliatan :D udah gitu susah diagnosis dan terapinya....

Semoga bisa membantu...
Kalo ada yg salah mohon dimaafkan dan diralat, maklum saya udah nggak ketemu pasien hampir setahun, sekarang bacanya buku manajemen :)

Wallahu alam bishowwab

Wassalam

Dyah

0 Comments:

Post a Comment

<< Home