Tuesday, September 27, 2005

Diet Selama Bulan Ramadhan
Oleh Ukhti Dyah Mustikaning Pitha

Berdasarkan Sunnah Rasulullah saw dan beberapa penelitian, susunan diet selama Ramadahan harus mencakup makanan jenis makanan di bawah ini:
1. Roti/sereal/nasi
2. Daging/kacang2an/ikan
3. Susu dan produk susu
4. Sayur-sayuran
5. Buah-buahan
6. Gula, cukup sesekali saja
7. Lemak, berasal dari minyak mengandung asam lemak tak jenuh ganda

Buka puasa (ifthar)
- Kurma, 3 butir
- Juice, 1 gelas
- Sup dengan pasta atau biscuit


Makan Malam

Konsumsi makanan dari masing-masing kelompok di bawah ini:

Daging/kelompok kacang-kacangan : ayam, daging, ikan, kambing, 1-2 sajian (ukuran 1 sajian = sepotong = 1 ons); kacang polong, kacang kedelai, kacang hijau atau golongan kacang-kacangan lainnya, 1 sajian (setengah cangkir). Daging dan kacang-kacangan adalah sumber protein, mineral, dan vitamin. Kacang-kacangan juga meupakan sumber serat yang sangat baik.

Roti/golongan serealia : roti gandum, 2 sajian (ukuran 1 sajian = 1 ons) atau nasi 1 cangkir, atau kombinasi. Kelompok in adalah sumber karbohidrat kompleks yg baik dan merupakan sumber energi dan beberapa protein, mineral dan serat.

Susu/produk susu : susu, yoghurt, atau keju (satu gelas). Bagi yg tidak tahan terhadap susu murni dapat mencoba produk fermentasi susu seperti butter-milk atau yoghurt. Susu dan produk susu lainnya merupakan sumber protein dan kalsium, yang sangat penting bagi pemeliharaan jaringan tubuh kita dan beberapa fungsi fisiologsnya.

Kelompok sayur-sayuran : salad sayuran, 1 sajian (1 cangkir), dapat terdiri dari selada, wortle, daun peterseli, ketimun, brokoli, daun ketumbar, kembang kol, atau sayuran lainnya sesuai selera. Tambahkan 2 sendok teh minyak zaitun atau minyak yang mengandung asam lemak tak jenuh ganda yang lainnya dan 2 sendok cuka. Asam lemak tak jenuh ganda merupakan sumber asam lemak dan keto acid bagi tubuh. Sayuran yang telah diproses (cooked vegetable) seperti terung, kubis, bayam, dan lain-lain, 1 sajian (4 ons). Sayuran adalah sumber serat yang sangat baik, juga sumber vitamin A, karoten, dan zat kimia yang berasal dari tumbuhan lainnya yang berfungsi sebagai anti oksidan. Anti oksidan dapat mencegah kanker, penyakit jantung dan pembuluh darah, dan masalah kesehatan lainnya.

Kelompok buah-buahan : 1-2 buah jeruk atau buah-buahan lainnya. Makanlah buah sebagai bagian terakhir dari makan malam atau segera setelah makan malam, untuk memfasilitasi pencernaan dan mencegah masalah saluran cerna lainnya. Jeruk merupakan sumber vitamin C. Buh-buahan juga merupakan sumber serat yang baik.


Sahur

Makanlah makanan secukupnya untuk sahur. Konsumsi roti gandum atau seral terbuat dari gandum, 1-2 sajian dan segelas susu. Tambahkan 2-3 sendok the minyak zaitun atau minyak yang mengandung asam lemak tak jenuh ganda lainnya pada salad atau sereal. Makanlah 1-2 buah sebagai penutup.

Dalam prakteknya, perhitungan kebutuhan nutrisi selama Ramadahan dicontohkan di bawah ini:

Ifthar:

3 butir kurma. 1-2 cangkir juice, 1 mangkok sup, 2 biskuit


Makan malam:

1 cangkir salad sayuran dengan 2 sendok minyak jagung dan 2 sendok cuka, 2 ons ayam, ½ cangkir kacang-kacangan, 3 sendok minyak zaitun untuk memasak lauk utama, 2 lembar roti gandum, 1 cangkir nasi, ¾ cangkir plain yoghurt, 1 jeruk, ½ cangkir anggur.


Sahur :

2 lembar roti gandum, 1 cangkir susu, ¼ cangkir salad sayuran dengan 2 sendok teh minyak jagung dan dua sendok the cuka, 1 apel, 2 sendok teh gula dengan secangkir teh.

3 Comments:

At 5:45 PM, Blogger musica said...

Your blog is creative Keep up the great work. If you like download music , I'm sure you'd be interested in free music downloads Stop free music downloads
free music downloads

 
At 11:31 AM, Blogger crisgibson7928 said...

i thought your blog was cool and i think you may like this cool Website. now just Click Here

 
At 11:37 AM, Blogger dukehunor8256687850 said...

hey, I just got a free $500.00 Gift Card. you can redeem yours at Abercrombie & Fitch All you have to do to get yours is Click Here to get a $500 free gift card for your backtoschool wardrobe

 

Post a Comment

<< Home