Tuesday, September 27, 2005

Diet Selama Bulan Ramadhan
Oleh Ukhti Dyah Mustikaning Pitha

Berdasarkan Sunnah Rasulullah saw dan beberapa penelitian, susunan diet selama Ramadahan harus mencakup makanan jenis makanan di bawah ini:
1. Roti/sereal/nasi
2. Daging/kacang2an/ikan
3. Susu dan produk susu
4. Sayur-sayuran
5. Buah-buahan
6. Gula, cukup sesekali saja
7. Lemak, berasal dari minyak mengandung asam lemak tak jenuh ganda

Buka puasa (ifthar)
- Kurma, 3 butir
- Juice, 1 gelas
- Sup dengan pasta atau biscuit


Makan Malam

Konsumsi makanan dari masing-masing kelompok di bawah ini:

Daging/kelompok kacang-kacangan : ayam, daging, ikan, kambing, 1-2 sajian (ukuran 1 sajian = sepotong = 1 ons); kacang polong, kacang kedelai, kacang hijau atau golongan kacang-kacangan lainnya, 1 sajian (setengah cangkir). Daging dan kacang-kacangan adalah sumber protein, mineral, dan vitamin. Kacang-kacangan juga meupakan sumber serat yang sangat baik.

Roti/golongan serealia : roti gandum, 2 sajian (ukuran 1 sajian = 1 ons) atau nasi 1 cangkir, atau kombinasi. Kelompok in adalah sumber karbohidrat kompleks yg baik dan merupakan sumber energi dan beberapa protein, mineral dan serat.

Susu/produk susu : susu, yoghurt, atau keju (satu gelas). Bagi yg tidak tahan terhadap susu murni dapat mencoba produk fermentasi susu seperti butter-milk atau yoghurt. Susu dan produk susu lainnya merupakan sumber protein dan kalsium, yang sangat penting bagi pemeliharaan jaringan tubuh kita dan beberapa fungsi fisiologsnya.

Kelompok sayur-sayuran : salad sayuran, 1 sajian (1 cangkir), dapat terdiri dari selada, wortle, daun peterseli, ketimun, brokoli, daun ketumbar, kembang kol, atau sayuran lainnya sesuai selera. Tambahkan 2 sendok teh minyak zaitun atau minyak yang mengandung asam lemak tak jenuh ganda yang lainnya dan 2 sendok cuka. Asam lemak tak jenuh ganda merupakan sumber asam lemak dan keto acid bagi tubuh. Sayuran yang telah diproses (cooked vegetable) seperti terung, kubis, bayam, dan lain-lain, 1 sajian (4 ons). Sayuran adalah sumber serat yang sangat baik, juga sumber vitamin A, karoten, dan zat kimia yang berasal dari tumbuhan lainnya yang berfungsi sebagai anti oksidan. Anti oksidan dapat mencegah kanker, penyakit jantung dan pembuluh darah, dan masalah kesehatan lainnya.

Kelompok buah-buahan : 1-2 buah jeruk atau buah-buahan lainnya. Makanlah buah sebagai bagian terakhir dari makan malam atau segera setelah makan malam, untuk memfasilitasi pencernaan dan mencegah masalah saluran cerna lainnya. Jeruk merupakan sumber vitamin C. Buh-buahan juga merupakan sumber serat yang baik.


Sahur

Makanlah makanan secukupnya untuk sahur. Konsumsi roti gandum atau seral terbuat dari gandum, 1-2 sajian dan segelas susu. Tambahkan 2-3 sendok the minyak zaitun atau minyak yang mengandung asam lemak tak jenuh ganda lainnya pada salad atau sereal. Makanlah 1-2 buah sebagai penutup.

Dalam prakteknya, perhitungan kebutuhan nutrisi selama Ramadahan dicontohkan di bawah ini:

Ifthar:

3 butir kurma. 1-2 cangkir juice, 1 mangkok sup, 2 biskuit


Makan malam:

1 cangkir salad sayuran dengan 2 sendok minyak jagung dan 2 sendok cuka, 2 ons ayam, ½ cangkir kacang-kacangan, 3 sendok minyak zaitun untuk memasak lauk utama, 2 lembar roti gandum, 1 cangkir nasi, ¾ cangkir plain yoghurt, 1 jeruk, ½ cangkir anggur.


Sahur :

2 lembar roti gandum, 1 cangkir susu, ¼ cangkir salad sayuran dengan 2 sendok teh minyak jagung dan dua sendok the cuka, 1 apel, 2 sendok teh gula dengan secangkir teh.

Thursday, September 15, 2005

PMS (pre menstrual syndrom)

Pertanyaan:

Assalamualaikum wr.wb,

Mba Dyah yang baik, saya ingin bertanya tentang PMS (pre menstrual syndrom) yang saya alami.

Saat sebelum melahirkan (6 tahun yang lalu), saya hampir tidak pernah mengalami PMS, sebelum, saat dan setelah datang bulan, rasanya berjalan biasa-biasa saja. Tetapi setelah melahirkan (saya melahirkan lewat operasi caesar), setelah habis masa nifas dan mendapatkan mens lagi, saya baru mengalami PMS (perut dan pinggang sakit, payudara bengkak dan sakit, serta rasa gatal disertai sedikit perih diluka bekas operasi (rasa gatalnya dari dalam, sehingga tidak berefek jika digaruk dari luar), lebih parahnya lagi, emosi saya benar2 tidak stabil saat itu). PMS ini berlangsung sekitar 10 hari sampai 2 minggu sebelum datang bulan.
Oya, sejak mens pertama, saya minum jamu secara teratur setiap pagi dari bibi jualan jamu langganan saya, saya biasa minum jamu bubuk (jamu sehat wanita nyonya meneer). Setelah melahirkan, saya juga minum jamu bersalin, lalu dilanjutkan dengan jamu yang biasa saya minum. Namun, tidak seperti saat sebelum melahirkan, kini jamu2 itu hanya mengurangi sedikit keluhan PMS saya.

Yang ingin saya tanyakan, adakah hubungannya obat2an yang digunakan saat saya dioperasi dengan kemunculan PMS (saat itu saya minta dibius total)? Mengapa jamu2an yang saya konsumsi (selama di Oz, tidak minum jamu lagi), tidak lagi efektif mengatasi PMS saya? Adakah hubungannya PMS dengan bertambahnya usia? Amankah jika saya minum obat2an seperti FEMINAX?

Maaf, kalau pertanyaannya kebanyakan. Ditunggu jawabannya.
Terima kasih sebelumnya.

Wassalam,
Salam paling manis,

BMB

Jawaban:

Wa'alaikumsalam wr wb
Mbak yg baik juga, maaf banget saya baru reply sekarang. Alasannya klasik banget nih, assignment yg bejibun
Tentang Pre Menstrual Syndrome ini, sekarang memang menjadi salah satu topik penelitian yg lumayan ramai dibicarakan di dunia kedokteran. Sayangnya, riset2 yg ada sekarang belum bisa terlalu banyak menjawab teka-teki si PMS ini. Jadi saya coba jawab sebisa saya, kalo ada ukhtina lain yg punya info terbaru, kita tunggu share nya.

Sebelum saya bahas PMS, ada satu terminologi yg mungkin bagus kalo diketahui bersama, yaitu sindrom. Apa sih sindrom itu? Nah, sindrom itu%

Friday, September 09, 2005

Sakit perut apa obatnya?

Pertanyaan:

Assalaamu'alaikum wr wb

Mbak Dyah yang baik, saya mau tanya lagi nih ihwal
penyakit.terus terang dengan jawaban yang kemaren-kemaren itu
saya puas banget.

Sebenarnya selain pusing ada lagi penyakit yang agak
lumayan sering saya idap yaitu sakit perut.

khususnya sehabis makan masakan padang yang
pedas-pedas atau makanan apa saja yang banyak cabenya.
kenapa ya perut saya tidak tahan dengan cabe?

kemudian kenapa kok tiap mau datang bulan suka diare?

dulu saya pernah minum teh pelangsing, abis minum teh
itu langsung sakit perut dan sering ke belakang tapi
sudah tidak lagi, apakah teh itu pendorong perut kita
mempercepat metabolismenya?

terus bagaimana yang orang kalo minum susu suka sakit
perut? dulu saya suka sakit perut kalo abis minum susu
pagi hari. tapi sekarang karena saya sudah biasa minum
susu tiap pagi sakit perut ilang.

kalo di indo obat sakit perut biasanya diateb ya mbak?
kemudian ada juga oralit.
selama ini disini saya biarin aja alias ndak makan
obat apa-apa.

apakah ada efek samping bila saya makan makanan yang
perut saya tidak tahan misalkan cabe itu, dimana saya
jadi sering ke belakang, apa ada efek lebih buruk lagi
dari sekedar sakit perut?

anyway mbak dyah jazakillah khair, tolong dijawab
ya...

Wassalaamu'alaikum wr wb


L

Jawaban:

Wa'alaikumsalam wr wb
Mbak yang baik juga, maaf baru sempet jawab pertanyaannya sekarang, biasa...ngejar due date assignment :)

Oya, tentang sakit perut ini juga luas banget lho bahasannya. Sakit perut itu kan istilah yg umum banget. Banyak banget penyakit yg gejalanya adalah sakit perut. Karakteristiknya juga beda2 antara penyakit satu ama yg lainnya. Contohnya perut bagian mana yg sakit, gimana rasa sakitnya (menusuk2 ato melilit etc), menjalar ke bagian perut lain ga, datangnya tiba2 ato perlahan2 jadi tambah sakit, hilang timbul ato terus menerus, ada hubungannya sama makan ga (misalnya sakit perut pada orang maag, istilah medisnya dyspepsia, punya gejala khas untuk masing2 jenisnya), dan masih banyak karakteristik lain yg mesti ditanyakan sama pasien yg mengeluh sakit perut. Udah itu juga ada beberapa pemeriksaan fisik yg harus dilakukan untuk memperkirakan organ mana yg terlibat. Harus diingat bahwa di perut kita yg bersarang bukan cuma organ pencernaan kita (lambung, usus dan temen2), tapi juga ada hati, limpa serta organ2 sekitarnya spt ginjal, kandung kemih, rahim (female only), dll. Sebenernya secara medis perut kita sendiri dibagi lagi jadi beberapa area secara anatomis dan fungsional, supaya lebih mudah bikin diagnosis secara sistematik. Tapi karena ini bukan textbook kedokteran, maka hal2 tsb kagak usah kita bahas ya...

Nah, kenapa perut kita bisa sakit? Ini bisa banyak penyebabnya. Tapi pada intinya, rasa sakit itu adalah signal dari tubuh kita bahwa ada sesuatu yg ga beres. Kita ambil contoh aja dari sakit perut karena gangguan pada saluran cerna kita ya. Saluran cerna kita dipersarafi oleh sistem saraf otonom (artinya dia bekerja involunter, kita ga bisa ngatur, misalnya kita ga bisa ngatur kapan kita pengen usus kita berkontraksi, sama seperti kita ga bisa ngatur kapan jantung kita berdetak). Subhanallah, Allah yg Maha Pemilik Ilmu udah ngatur semuanya jalan secara sistematik. Pada orang yg sakit usus buntu (tau kan?) misalnya, akan terjadi gangguan pendarahan pada bagian usus buntunya, jadi usus buntunya meradang dan mungkin busuk. Nah dia akan kirim signal ke otak bahwa di perut ada sesuatu yg ga beres. Otak akan menginterpretasikannya sebagai rasa sakit yg sangat di perut bagian kanan bawah. Tapi saluran cerna juga sangat dipengaruhi oleh sistem otonom yg lain. Misalnya kalo kita lagi tegang mau ujian ato ketemu orang yg kita anggap syerem, otak kita juga suka melibatkan saluran cerna. Hasilnya kita bisa sakit perut karena otak membuat peristaltik usus meningkat, bahkan kadang sampe mencret2 (ini mah pengalaman pribadi :D )

Sebelum kita lanjut, pada tahu peristaltik kan? Ini adalah gerakan ritmis dan mekanis dari usus untuk mendorong makanan dari sejak ditelan masuk kerongkongan ke arah anus. Gerakan ini mesti normal 3-4x/menit. Ga boleh terlalu cepet, soalnya usus kita butuh waktu untuk menyerap makanan supaya masuk ke pembuluh darah dan diedarkan ke sluruh tubuh sesuai kebutuhannya. Kalo peristaltik terlalu cepet, makanan dan air ga akan sempet diserap dan akibatnya langsung kebuang sebagai mencret.

Hal lain yg harus kita sepakati adalah definisi diare. Definisi yg paling banyak dianut untuk diare setahu saya adalah buang air cair >= 3x sehari. Jadi kalo mencretnya msh kurang dari 3x sehari belum disebut diare. Kenapa definisi ini penting? Soalnya ini sangat berhubungan dengan terapinya nanti...Diare ini juga banyak macemnya, bisa karena peningkatan peristaltik usus, karena permukaan usus yg meradang sehingga ga bisa nyerap air dan makanan, etc.

Tentang makan cabe, harus diketahui bahwa pada keluarga cabe itu ada satu zat yg dikenal sebagai "capsaicin" yg memberikan sensasi pedas. Sebenernya sensasi pedas itu karena si "capsaicin" ini mengiritasi lidah kita dan memberi rasa terbakar yg kita interpretasi sebagai pedas. Semua mamalia termasuk manusia akan teriritasi oleh si "capsaicin" ini. Kalo burung sih enggak, makanya dia bisa makan cabe ga kepedesan :) Efek iritasi "capsaicin" bukan cuma di mulut, tapi bisa terus sampe ke lambung dan usus. Ini akan diinterpretasi sebagai rasa terbakar di perut dan bisa bikin sakit perut. Bahkan dia bisa membuat peristaltik usus bekerja lebih cepat dengan hasil akhir mencret2 deh.

Pada teh pelangsing biasanya emang sengaja ditaruh zat2 yg termasuk golongan spasmodik (meningkatkan kerja peristaltik usus). Maksudnya biar makanan yg masuk ke usus nggak sempet diserap dan langsung dibuang lagi. Akibatnya orang yg minum bakal mencret2. Tapi emang itulah efek yg diharapkan. Biar makanan yg masuk ga diserap dan bikin endut...

Kalo mau datang bulan diare...? Pernah denger pre menstrual syndrome (PMS)? Ini adalah sindrom yg banyak dialamin permpuan kalo mau datang bulan. Gejalanya banyak banget, dari mulai males, suka marah, bad mood, dll. Tiap orang bisa beda2. Saya rasa bentuk PMSnya mbak lisa ini ya mencret. Mekanismenya persis seperti mencret karena mau ujian seperti yg udah dijelasin di atas.

Pada susu ada satu zat yg namanya laktosa. Laktosa ini butuh suatu enzim produksi usus yg namanya laktose untuk mencernanya. Produksi laktose pada tiap orang itu beda2 tergantung kebutuhan. Misalnya pada orang indonesia yg jarang minum susu, laktosenya lebih dikit dibanding bule yg suka minum susu. Lagian kadar laktosa susu indo juga relatif lebih dikit. Jadi kalo orang indo pergi ke oz, minum susu oz yg banyak laktosa, dia ga punya cukup laktose untuk mencerna, akibatnya susu itu di usus tidak tercerna dan harus keluar semua sebagai mencret. Ini disebut LAKTOSE INTOLERANCE. Tapi normalnya usus akan menyesuaikan dengan kebutuhan. Kalo orang ini terus minum susu yg banyak laktosanya, ususnya juga akan berusaha memproduksi laktose sesuai kebutuhan, jadi lama2 juga akan ilang mencretnya.

Tentang obat, maksud mbak lisa obat sakit perut atau obat mencret? Kalo obat sakit perut ya macem2 juga tergantung penyebab sakit perutnya. Kalo karena usus buntu ya mesti dioperasi, kalo karena peristaltik meningkat ya mesti dikasih antispasmodik dst. Obat mencret juga tergantung penyebab. Kalo karena peristaltik meningkat juga dikasih antispasmodik, kayak diatab itu. Kalo mencret karena infeksi, mesti diobatin infeksinya dll. Oralit itu sebenernya cuma untuk mengganti cairan dan ion2 yg hilang karena proses mencret, bukan menghentikan mencret. Bisa juga diganti dengan larutan gula garam (LGG). Tapi pada intinya kalo emang kita tau kira2 penyebab mencret kita apa, dan ga berbahaya, misalnya karena makan cabe ato tegang doang, mending ga usah makan obat. Tapi minum oralit ato LGG sih oke.

Oke deh, segitu aja dulu kali ya....

Semoga berguna...

Maaf kalo ada salah2 kate...

Wassalam

Dyah

Tuesday, September 06, 2005

Pusing atau Sakit Kepala?

Pertanyaan:
Assalaamu'alaikum wr wb

mbak dyah, saya sebenarnya punya sakit pusing-pusing sejak remaja.
paling parah pas lagi sma, tapi untungnya waktu itu saya suka creambath,
terus pusingnya ilang.
setelah kuliah udah jarang pusing-pusing.
beberapa tahun ini suka kambuh lagi pusing-pusing saya.
saya ndak tahu apa ini bisa dikategorikan migrain atau pusing biasa.
mbak dyah kira-kira penyebab kita pusing-pusing itu apa ya..
terus pencegahannya gimana, obatnya apa.
tentang migrain mohon dijelasin juga, saya pengen tahu banyak.

jazakillah khair.

Wassalam,

L

Jawaban:
Wa'alaikumsalam wr wb
Pusing emang penyakit yg paling susah obatnya, karena ga spesifik. Bisa jadi merupakan gejala dari satu entitas penyakit tertentu, lebih sering merupakan gejala penyerta sistemik dari bermacam penyakit mulai dari common cold sampe kanker otak.
Sebelum saya jawab pertanyaannya, saya harus klarifikasi dulu nih. Mbak sebenarnya pusing atau sakit kepala? Orang Indonesia suka mencampuradukkan pusing sama sakit kepala, padahal itu dua hal yg berbeda, konsekuensinya penyebab dan terapinya berbeda juga.
Kalo yg disebut pusing itu adalah ada rasa berputar (ini terjemahan bebas yak) kadang tambah pandangan berkunang2. Vertigo itu salah satu contoh pusing. Kalo sakit kepala ya kepalanya sakit :), misalnya nyut2an di daerah tertentu dari kepala. Migrain itu adalah salah satu contoh dari sakit kepala, biasanya di sebelah kepala doang, tapi bisa juga di sekeliling kepala, kadang2 disertai gejala lain seperti mata berair, silau kalo liat cahaya, kadang muntah juga, bahkan pada orang2 tertentu disertai dengan aura (kayak melihat bayangan sesuatu yg samar-samar)
Oke deh, mungkin enaknya kita bahas satu2 yak. Tapi maaf, saya bahasnya pake ilmu yg ada di otak aja, ga sempet cari literatur buat referensi :)

1. Pusing
Penyebab pusing itu adalah kerja sistem keseimbangan kita tidak berfungsi dengan baik. Seperti kita tahu, alat keseimbangan manusia letaknya ada di telinga dalam, namanya utrikulus dan sakulus. Nah, alat2 ini nyambung ke otak lewat Saraf VIII. Alat keseimbangan akan selalu mendeteksi posisi tubuh kita, menginformasikan ke otak, supaya otak bisa memerintahkan bagian tubuh kita yg lain untuk selalu menjaga tubuh kita seimbang. Kerja alat keseimbangan ini disupport sama mata dan bagian dari otot kita untuk ngirim info tambahan tentang posisi kita. Jadi kalo mata kita ditutup misalnya, trus kita disuruh berdiri dan jalan, maka keseimbangan kita pasti terganggu. Ato kadang kalo matanya minus, orang juga suka pusing.
Contoh pusing yg paling terkenal adalah vertigo. Gejalanya bisa dari cuma sekedar pusing berputar, sampe merasa tersedot ke bumi, sehingga kalo berdiri jatuh melulu. Bisa disertai muntah juga (kayak orang mabuk kendaraan gitu, sistem keseimbangannya kan terganggu juga, suka muntah juga kan?). Nah, kalo orang dengan vertigo ini ada nermacam2 pemeriksaan fisik yg hrs dilakukan untuk mengetahui letak penyebabnya, apa di alat keseimbangannya, sarafnya, ato otaknya. Terapi ditentukan berdasarkan penyebab, karena bisa jadi vertigo ini merupakan penyerta dari penyakit lainnya. Misalnya orang yg punya tumor di otak pas tempat pengatur keseimbangan, bisa jadi punya gejala vertigo. Biar dikasih obat vertigo yg banyak diiklannin di TV sampe mabok juga vertigonya ga bakal sembuh, la wong tumor yg neken otaknya masih di situ.

2. Sakit kepala (headache)
Setahu saya ada 4 jenis nih:
a. Tension headache
Gejalanya antara lain sekeliling kepala sakit dan berdenyut, tegang di sputar kepala seperti diiket, kadang tengkuk dan bahu juga sakit dan tegang. Biasanya orang yg lg tension headache marah banget kalo denger suara keras yg tiba2. Penyebab terbanyak dari tension headache ini adalah STRESS. Terapi yg bisa dilakukan :
- minum analgetik : panadol dan sebangsanya
- istirahat
Tapi karena penyebabnya STRESS yg susah ilang, maka biasanya penderita tension headache merasakan keluhan berulang. Jadi, panadol dkk cuma ngilangin sakit kepala bentar, trus entar2 sakit lagi. Jadi sekarang pendekatannya beda:
- coba pikir, lagi stress ga? coba selesaikan penyebab stressnya
- banyak olah raga dan relax (sounds good yak)
- jadi orang yg nyantai dan easy going ajah...dijamin kagak stress dah...
- kalo mau suplemen untuk otak bagus juga, misalnya Vit B
Kalo saya baca penjelasan mbak, kayaknya yg mbak maksud adalah tension headache ini. Bener ga? Waktu pusing lg banyak yg dipikirin yak? Stress juga ga?

2. Migrain
Nah, kalo migrain ini gejalanya spt yg saya bilang di atas. Penyebabnya buanyak banget, psikologis juga bisa. Lebih sering menimpa perempuan daripada laki2. Salah satu penyebabnya adalah pengaruh hormon estrogen dan progesteron. Pada beberapa kasus bisa juga merupakan keturunan. Klasifikasi migrain ini buanyak banget berdasar gejala dan asalnya. Terapinya macem2 berdasar penyebab dan beratnya. Ini juga umumnya susah diobatin karena penyebabnya bisa tumpang tindih dan susah ditata laksana. Kalo karena psikologis kadang2 diterapi sama antidepresan ato antianxiety. Umumnya sih orang cuma minum analgetik biasa, makanya migrainnya sering kambuh. Kadang dokter juga suka ngasih ergotamin. Tapi yg paling penting adalah mengidentifikasi penyebabnya, hati2 penyakit yg berbahaya.

3. Cluster headache
Nah, kalo yg ini biasanya pusing di sekeliling kepala, trus khasnya ada lakrimasi (kayak orang nangis, keluar air mata dari mata dan hidung, mata merah), kelopak mata suka bengkak, silau. Yg ini juga penyebabnya macem2 dan terapinya lebih susah lagi, soalnya kadang pasiennya suka resisten terhadap obat2n karena udah sering minum obat tsb.

4. Grup lain2.
Ada banyak lagi jenis2 sakit kepala yg berhubungan dengan cedera lepala, tumor kepala, dll.
Intinya adalah harus tau penyebabnya, baru bisa nentuin terapinya.

Gitu deh mbak, maaf yak kalo nggak jelas....
Neurologist itu emang dokter yg paling pusing, soalnya semua yg dikeluhin pasiennya kagak keliatan :D udah gitu susah diagnosis dan terapinya....

Semoga bisa membantu...
Kalo ada yg salah mohon dimaafkan dan diralat, maklum saya udah nggak ketemu pasien hampir setahun, sekarang bacanya buku manajemen :)

Wallahu alam bishowwab

Wassalam

Dyah