Friday, August 12, 2005






Panduan Makan Mencegah Kanker Payudara
sent by Mbak Lisa

Beberapa waktu yang lalu di pengajian akhwat kita sempat mendengarkan materi breast cancer dari Ummu Faiz. Melalui materi itu dapat kita pahami bersama ihwal penyakit kanker tersebut serta langkah-langkah apa saja yang sebaiknya kita lakukan guna mencegah penyakit kanker. Insha Alloh yang berikut ini juga dalam rangka mencegah terjangkitnya penyakit kanker ditinjau dari pola makan yang tepat. Mbak Meita melalui postingnya terdahulu menyarankan agar kita memperbanyak konsumsi makanan yang bergizi serta mengandung antibody seperti sayur-sayuran hijau yang dimasak hanya sebentar bahkan yang mentah lebih baik, karena berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Masih seputar makanan, berikut ini ada 5 panduan makan sederhana dan tepat untuk menghindari penyakit kanker payudara:

1. Cerdik dengan lemak
Menurut hasil penelitian dari David J. Hunter, M.D, Direktur Harvard Center for Cancer Prevention di Boston lemak tak jenuh tunggal seperti minyak zaitun bisa melindungi kita dari kanker payudara, sedangkan lemak jenuh seperti terdapat pada daging dan mentega cenderung meningkatkan resiko. Walaupun khasiat lemak Omega 3 pada ikan yang hidup di air dingin seperti salmon masih belum jelas namun para ahli tetap menganjurkan untuk mengkonsumsinya karena membantu mencegah penyakit jantung.

2. Jauhi steak well-done
Menurut sebuah penelitian ditahun 1998 yang dimuat di Journal of the National Cancer Institute,dari pengamatan terhadap kebiasaan makan pasien kanker payudara dan wanita yang sehat, ditemukan bahwa wanita yang makan steak well done matang-matang beresiko 4 kali lebih tinggi terjangkit penyakit ini dibanding yang lebih suka steak medium.

3. Nikmati buah-buahan dan sayuran
Menurut Gladys Block, Ph.D., professor epidemiologi dan nutrisi masyarakat di University of California, Barkley, "konsumi buah-buahan dan sayuran yang tinggi dapat menurunkan resiko kanker payudara". Makanan dari tumbuhan-tumbuhan ini sangat kaya dengan nutrien antioksidan yang bisa mencegah kerusakan sel-sel dan kanker. Oleh karena itu usahakan mengkonsumsi minimal 5 porsi buah-buahan atau sayuran per hari.

4. Senang makan tahu
Makanan dari kedelai seperti tahu, susu sari kedelai kaya dengan senyawa tumbuhan yang disebut phytoestrogen bisa memerangi kanker payudara. Dari penelitian tahun 1997 yang diterbitkan dalam jurnal kedokteran Inggris, The Lancet menemukan, bahwa dengan meningkatnya konsumsi phytoestrogen akan menurunkan resiko kanker payudara pada wanita secara nyata. Senyawa ini diduga mencegah estrogen & reseptor didalam jaringan payudara. Walaupun belum menemukan jumlah porsi yang dibutuhkan, para ahli menganjurkan untuk menambahkan makanan dari kedelai dan memasukkannya dalam daftar menu yang kita makan

5. Perbanyak makan makanan berserat

Menurut hasil penelitian yang dimuat di American Journal of Clinical Nutrition para wanita yang menggandakan intake seratnya dari 15 sampai 30 gram per hari secara nyata mengalami penurunan kadar estrogen sesudah 2 bulan. Oleh karena itu setidaknya kita dapat mengkonsumsi 20 sampai 30 gram serat per hari, seperti sayuran dan buah-buahan, sayur kacang, roti dan serealia gandum penuh.

Source:
Cara Tepat Makan Untuk Mencegah Kanker Payudara
Eramuslim,29.11.2001

0 Comments:

Post a Comment

<< Home