Tuesday, August 09, 2005




MORE DETAILS ABOUT FLU BURUNG
presented by Ukhti Meita Sari Ishak

Bird flu atau Avian influenza adalah infeksi yang disebabkan oleh virus influenza. Penyakit ini umumnya disebabkan oleh unggas. manusia, kucing dan babi.

Penyakit ini pertama kali ditemukan di Hongkon thn 1977. Penyebabnya karena methode peterrnakan yang traditional, umumnya terjadi di Asia, dimana peternak tinggal dekat dengan kandang ternaknya.

Ada beberapa subtype dari virus penyebab flu burung dan beberapa dari virus ini akan menyebabkan sakit yang amat parah. Type virus yang menyerang Asia baru-baru ini adalah Virus H5N1. Virus ini sangat aggressive dan menyebabkan infeksi yang sangat serius baik pada unggas maupun manusia. Hampir 100% unggas yang terinfkesi virus ini akan mati dan lebih dari 50% dari kasus yang terjadi pada manusa juga diakhiri dengan kematian.

Flu burung sangat menular and dapat menjangkiti seluruh type unggas. Manusia yang terinfeksi oleh flu burung merupakan sesuatu hal yang tidak umum terjadi, akan tetapi mungkin saja jika flu burung diperoleh dari ternak yang sudah terinfeksi atau permukaan yang terkontaminasi oleh kotoran, air liur atau bulu dari unggas yang telah terinfeksi. Hanya beberapa kasus penularan flu burung terjadi antar manusia dan virus ini tidak akan menular lagi ke orang yang berikutnya.

Virus H5N1 ini dapat bermutasi sangat cepat dan bergabung dangan type virus yang lain. Jika virus H5N1 bergabung dengan virus flu pada manusia, maka akan terbentuk virus infeksi baru yang sangat jahat dan akan sangat mudah sekali munulari sesama manuasia. Badan kita tidak mempunyai immunity yang alami untuk melawan virus baru ini dan tidak ada vaksin yang tersedia saat ini untuk mencegahnya.

Gejala awal dari flu burung ini sama seperti flu biasa yaitu demam, otot –otot sakit dan batuk. Gejala ini umumnya terjadi selama 5 hari setelah terkena virus. Orang yang terkena virus ini bisa mengakibatkan komplikasi seperti pneumonia (penyakit paru-paru yang menggagu system pernafasan diakibatkan paru paru dipenuhi oleh cairan bukan udara sehigga pasien akan sulit bernafas dan menyebabkan kematian)

Oseltamivir (brand name Tamiflu) and zanamivir (brand name Relenza) adalah obat anti virus yang digunakan untuk mengobati flu biasa dan mungkin bermanfaat untuk mengobati flu burung. Tetapi keefektifannya tidak bisa dipastikan, selain itu harga yang mahal dan ketersediaan yang terbatas. Efek obat ini harus digunakan dalam waktu dua hari sejak gejala flu muncul. Dalam kata lain, kalau terlambat meminumnya efektif obat ini kurang mujarab.

Jika kita akan mengadakan perjalan keluar negeri khususnya asia, sebaiknya hindari berdekatan dengan unggas termasuk kepasar tempat penjualanan unggas (ayam, burung), selalu mencuci tangan dengan alcohol, cuci tangan setelah memegang unggas yang belum dimasak, hindari makanan yang mengandung telur mentah atau telur setengah matang. dan ayam yang dimakan harus benar-benar matang.

Akan lebih baik sebelum bepergian kita meminta flu shot . Walaupun ini tidak untuk memproteksi dari flu burung tapi paling tidak dapat mencegah infeksi yang simultant antara flu burung dan flu biasa

Saya pernah terkena flu bahkan pernah setahun sampai dua kali. Setelah saya baca-baca buku, kayanya saya berkesimpulan, kalo asupan gizi yang saya makan tidak cukup. Saya makan teratur (amat teratur malah) tapi kandungan gizinya nggak sempurna. Sekarang ini saya perbanyak menkonsumsikan makanan yang bisa menambah anti body seperti sayuran hijau, brocolli, wortel dan sebaiknya dimasak sebentar saja, kalo bisa mentah lebih baik. Banyak orang sumatra pola makannya sama, males...banget makan sayur dan buah. Padahal khasiatnya subhanallah luar biasa, baik untuk kesehatan.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home