Tuesday, August 09, 2005


KONSULTASI KESEHATAN
"flu, rhinitis allergy & therapynya"
nara sumber: dr Dyah Mustikaning Pitha


Pertanyaan:

Mbak Dyah baik, saya sering sekali terserang sakit flu, bahkan yang baru-baru ini lama sekali sembuhnya. Gejalanya kurang lebih sbb:
badan lemah, menggigil, rainy nose, heavy cough, suara serak, sering berdahak yang warnanya ijo kental, seringnya saya dapati ketika masuk musim dingin.
Kira-kira cara pengobatan yang efektifnya bagaimana mbak agar kita cepat sembuh? Terus pencegahannya sebelum terkena flu ini selain banyak istirahat apalagi ya mbak?
Saya juga dengar ada penyakit namanya flu burung, mohon dijelaskan mbak.jazakillah khair.

-ukhti L-

Jawaban:

Kalau saya perhatikan dari gejala penyakit yang ukhti alami, sepertinya ukhti terkena rhinitis alergy. Penyakit ini umumnya disebabkan alergy misalkan terhadap udara dingin, debu dll. Sehingga therapynya yaitu dengan menghilangkan alergen (penyebab allergy). Sulitnya bila kita hidup di negara yang ada musim dinginnya, bagi yang allergy terhadap dingin tidak bisa menghindarinya dan tidak juga kita dapat menghilangkannya kecuali menunggu sampai udara tidak dingin lagi. Biasanya orang yang allergy terhadap udara dingin, terlihat gejalanya yaitu mengeluarkan ingus yang terus-menerus yang warnanya jernih.
Kemudian tentang gejala suara serak itu adalah radang tenggorokan (faringitis), kenapa ini terjadi karena pada dasarnya merupakan satu saluran sehingga inflamasi (contoh demam) itu menyebar sampai ke tenggorokan.
Bila kemudian adaja gejala ingus kental berwarna ijo nah ini berarti patient telah terkena infeksi bakteri, yang pengobatannya dapat dengan minum antibiotik.

Tingkatan Rhinitis Allergy dan pengobatannya:
1.Rhinitis allergy intermiten ringan : diobati dengan antihistamine
2.Rinitis allergy intermiten sedang-berat : antihistamine ditambah steroid inhalasi.
Pengobatan pada rhinitis allergy intermiten dapat dihentikan bila gejala hilang.
3.Rhinitis allergy persisten : pengobatan utamanya adalah steroid inhalasi bila perlu diberikan antihistamin atau steroid oral.

Antihistamin menghilangkan gejala gatal hidung, bersin dan rinorea tetapi kurang memberikan hasil pada gejala hidung tersumbat. Jadi Anti histamine merupakan penghambat histamin. Sedangkan pengobatan yang lain yaitu steroed inhalasi dapat menghilangkan gejala hidup tersumbat yang merupakan anti inflamasi.

Sebagian besar pengidap rhinitis allergy terjadi pada orang-orang yang mempunyai keluhan ashtma namun masih level yang masih ringan.
Sebagaimana kita ketahui bahwa asthma ada dua macam yaitu yang berat dan yang ringan.
Untuk mendeteksi orang mengidap ashtma atau tidak yaitu diukur dengan spidometri.
Adapun pengobatan asthma yaitu dengan symptomatik (metode pengobatan menghilangkan gejala).Misalkan diketahui penyebab adalah bakteri maka untuk membunuh bakteri itu
biasanya diobati dengan antibiotik.
Bila penyebabnya adalah histamine maka diberikan anti histamine, kalau di Indonesia ada yang terkenal namanya loratadine.
Adapun bila terjadi infeksi viral seperti flu, common cold, ingus bening yang disebabkan virus, maka perlu diketahui bahwa sebenarnya virus ini tidak bisa dibunuh. Alternativenya yaitu makan teratur dan istirahat yang banyak.

Ihwal flu burung yaitu penyakit flu pada manusia yang penyebabnya dari hewan unggas. Dalam hal ini penyakit pada hewan itu pindah kepada manusia. Penyakit ini sangat membahayakan bahkan mematikan pengidapnya. Kemungkinan penyebabnya bisa karena ada kontak dengan unggas atau karena mengkonsumsi daging unggas tsb. Sampai sekarang belum ditemukan obatnya, bahkan virusnyapun belum juga ditemukan. Ada kasus suatu keluarga meninggal dan dikabarkan terkena penyakit flu burung sehabis makan ayam.Ceritanya ketika itu yang makan ayam satu keluarga yang meninggal suami dan dua orang anak sedang istri dan satu orang anak lainnya yang juga makan makanan yang sama namun tidak terkena penyakit. WHO (World Health Organisation) menyarankan bila binatang ternak penyebab flu burung ini diketahui maka segera dimusnahkan dan alternative lain yaitu metode karantina artinya orang-orang yang sedang mengidap flu burung itu dikarantina dan dilarang berinteraksi dengan orang-orang yang sehat agar tidak semakin banyak jumlah pengidap penyakit ini.

-dr Dyah-

0 Comments:

Post a Comment

<< Home